3 Wisata di Bali Selain Pantai untuk Anda Yang Ingin Merasakan Segarnya

198

Wisata di Bali Selain Pantai – Tak perlu diragukan lagi, Bali adalah destinasi wisata paling mahsyur di Indonesia. Bahkan sebagian orang di dunia sampai menyebut Indonesia ada di pulau Bali! Hal itu menjadi bukti betapa populernya Bali di mata pariwisata dunia.

Popularitas Bali juga bukan tanpa alasan. Di pulau ini kita bisa menemukan banyak daftar tempat wisata di Bali selatan misalnya, yang tak akan habis walau kita berada satu minggu berlibur. Salah satunya adalah pantai. Bali sangat erat hubungannya dengan pantai sampai-sampai pantai menjadi sebuah tempat wisata wajib bagi siapapun yang ke Bali.

3 Wisata di Bali Selain Pantai untuk Anda Yang Ingin Merasakan Segarnya Udara

Padahal sebenarnya ada tempat wisata di Bali selain pantai yang sangat sekali kalau dilewatkan. Pada kesempatan kali ini, kita akan memberikan 3 referensi. Jadi, kalau kita ke Bali, kita tak selalu ke pantai. Siap?

Gunung Agung

3 Wisata di Bali Selain Pantai untuk Anda Yang Ingin Merasakan Segarnya
3 Wisata di Bali Selain Pantai untuk Anda Yang Ingin Merasakan Segarnya (Photo by, instagram.com/fidestaa)

Tempat wisata di Bali selain pantai yang pertama adalah gunung Agung. Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dan disucikan oleh masyarakat Bali. Gunung ini sempat mewarnai headline media massa di berbagai belahan dunia setelah beberapa waktu yang lalu berkali-kali mengalami erupsi.

Karena statusnya yang masih aktif, gunung ini dikelilingi oleh alam yang subur, hijau, dan menyejukkan mata. Maka tak jarang, gunung Agung menjadi salah satu destinasi alternatif bagi penikmat alam di pulau Dewata.

Untuk sampai di puncaknya, kita bisa memilih salah satu dari tiga jalur pendakian yang tersedia. Yang pertama jalur selatan atau via Pura Pasar Agung, Karangasem. Kemudian ada jalur kedua yakni melalui sisi tenggara atau via kecamatan Bebandem.

Lalu jalur ketiga yang juga menjadi jalur terpopuler, yakni Pura Besakih yang berlokasi di sebelah barat daya.

Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit
Air Terjun Gitgit (Photo by, sudi_bhugheart)

Lepas dari gunung Agung, kita menuju ke tempat wisata di Bali selain pantai yang kedua. Spot ini masih berhubungan dengan alam, yakni air terjun Gitgit. Menarik? Tentu saja. Air terjun bukanlah tempat wisata yang populer ketika berada di Bali.

Popularitasnya masih kalah jauh dengan pantai. Namun jangan salah, air terjun Gitgit menawarkan sensasi wisata air alami yang terlebih dahulu diawali dengan tracking menyusuri hutan.

Bahkan air terjun Gitgit adalah spot wisata yang begitu murah, retribusinya saja hanya sebesar Rp 5.000 untuk usia dewasa, dan Rp 3.000 untuk usia anak-anak. Tentu ini sangat murah bila dikaitkan dengan Bali.

Tertarik untuk mencoba sensasinya? Kita bisa menuju ke Buleleng, Singaraja atau tepatnya melewati jalan Raya Bedugul, Singaraja, bila kita dari Denpasar. Selanjutnya, kita akan bertemu dengan desa Gitgit.

Taman Kupu-kupu Bali

Taman Kupu Kupu Tabanan Bali
Taman Kupu Kupu Tabanan Bali (Photo by, instagram.com/amandanormann)

Puas bermain di gunung Agung dan air terjun Gitgit, kita bisa mampir ke tempat wisata di Bali selain pantai yang selanjutnya, yakni taman Kupu-kupu Bali. Sesuai namanya, taman ini adalah rumah besarnya kupu-kupu di Bali.

Namun jangan salah, ada yang membuatnya nampak begitu istimewa, yakni statusnya sebagai objek edukasi dan lokasi penelitian kupu-kupu terbesar di Asia Tenggara. Dengan status tersebut, maka tidak mengherankan bila kita akan menemukan ratusan sampai ribuan ekor jenis kupu yang ada dan tercatat di Indonesia, bahkan dunia.

Untuk bisa mengunjungi tempat ini, kita bisa menuju ke daerah Tabanan. Jam buka dimulai pada pukul 08.00 WITA dan tutup pada pukul 17.00 WITA. Selain menjadi tempat yang mengedukasi kita, taman ini juga dapat menjadi spot foto yang tak terlupakan dan tentunya lain daripada yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here